Ulasan film Belfast: Kenneth Branagh Telah Membuat Filmnya yang Paling Intim dan Sangat Terasa

Ulasan film Belfast: Kenneth Branagh Telah Membuat Filmnya yang Paling Intim dan Sangat Terasa – Lockdown ternyata membuat Kenneth Branagh bernostalgia. Ketika pandemi membuat industri film terhenti musim semi lalu, aktor dan sutradara beralih ke tahun-tahun awalnya di Irlandia Utara untuk mendapatkan inspirasi — hasilnya adalah filmnya yang paling intim dan sangat terasa hingga saat ini.

Ulasan film Belfast: Kenneth Branagh Telah Membuat Filmnya yang Paling Intim dan Sangat Terasa

 Baca Juga : 10 Film Inggris Yang Layak untuk Kita Tonton di Tahun 2021

ukhotmovies – Ditembak hampir seluruhnya dalam warna hitam dan putih, film ini dibuka pada Agustus 1969, saat Buddy (Jude Hill) yang berusia sembilan tahun bermain di jalan, mengacungkan pedang mainan dan tutup tempat sampah yang diminta. Beberapa saat kemudian, jendela pecah, bom molotov beterbangan dan teriakan ‘Katolik keluar’ terdengar di udara. Buddy’s Ma ( Caitriona Balfe ) harus menggunakan tutup tempat sampah untuk melindungi mereka dari huru-hara.

Terlepas dari jaminan Pa ( Jamie Dornan ) bahwa “tidak ada pihak kita dan pihak mereka di jalan ini,” di mana umat Katolik minoritas hidup bahagia bersama tetangga Protestan mereka, garis pertempuran mengeras, barikade dibangun dan tank mulai berdatangan. Dihadapkan dengan pajak yang meningkat dan ancaman dari penjahat sektarian Billy (Colin Morgan), Pa memutuskan untuk pindah secara permanen ke Inggris, di mana dia bekerja sebagai pekerja.

Namun daya tarik lingkungan di mana semua orang sudah saling kenal sejak lahir sangat kuat. Belfast Branagh terlihat melalui prisma kenangan masa kecil, tempat romantis di mana orang tuanya yang cantik menari di jalan (walaupun di depan pagar kawat berduri), dibantu oleh beberapa karya kamera yang indah, yang paling indah saat membingkai kakek-nenek Buddy, Pop dan Nenek.

Mereka dimainkan dengan kelembutan dan kecerdasan oleh Ciarán Hinds dan Judi Dench . Dalam satu bidikan, Buddy, yang rentan terhadap komentar serius yang luar biasa dari sebagian besar humor hangat film itu, mengobrol dengan Pop-nya sambil bertengger di toilet luar. Dench, yang bekerja di sudut bidikan, terus mengintip melalui jendela untuk memotong saran apa pun yang baru saja diberikan suaminya dengan jawaban tajam.

Aktor pertama kali Hill bersinar, apakah dia bereaksi terhadap ledakan dari dekat, mencoba untuk memenangkan naksir sekolahnya atau menatap layar bioskop dengan mata terbelalak (ketika keluarga pergi ke gambar, film meledak kembali ke Technicolor, dengan klip dari Chitty Chitty Bang Bang dan One Million Years BC) Mungkin kontras yang mengejutkan antara kesegarannya dengan pengalaman mereka yang membuat adegannya dengan Dench dan Hinds sangat menyentuh. Balfe dan Dornan begitu mencolok sehingga pada mulanya mereka tampak seperti masuk ke dalam film Nouvelle Vague; penampilan mereka, bagaimanapun, asli dan mempengaruhi — Anda dapat merasakan tepi mereka yang tergesa-gesa dan usang, terutama di babak terakhir.

 Baca Juga : 7 Film Action Comedy Terbaik untuk Ditonton Semua Orang

Ketika Belfast ditayangkan perdana di beberapa festival di seberang Atlantik musim gugur ini, beberapa pengulas Amerika mengklaim bahwa film tersebut seharusnya dilengkapi dengan subtitle. Komentar mereka memprovokasi gulungan mata di Irlandia Utara – dan tidak berdasar. Mungkin Branagh memiliki kecurigaan yang menyelinap bahwa Hollywood akan merespons dengan cara ini, karena dia tampaknya telah menyelipkan balasan ke dalam naskahnya. Ketika Buddy khawatir teman-teman sekelasnya di masa depan akan menertawakan aksennya, Pop mengingatkannya, “jika mereka tidak dapat memahami Anda, mereka tidak mendengarkan dan itu masalah mereka.”

Memang, tidak mendengarkan berarti melewatkan sesuatu yang benar-benar istimewa. Potongan memori Branagh sangat sentimental tetapi tidak dapat disangkal kuat. Itu mungkin saja terbukti menjadi karyanya yang menentukan.

Belfast ada di Festival Film London pada 12, 13, dan 16 Oktober. Di bioskop mulai 25 Februari 2022

Please follow and like us:
Pin Share