Ulasan Flim Dunkirk (Inggris Raya/AS/Prancis, 2017)

Ulasan Flim Dunkirk (Inggris Raya/AS/Prancis, 2017) – Meskipun Dunkirk secara teknis adalah film perang, nada dan gayanya adalah film thriller beroktan tinggi. Untuk filmnya yang paling serius hingga saat ini, Christopher Nolan telah menggunakan semua senjata di gudang senjatanya untuk membuat sesuatu yang, terlepas dari tanggal rilis Juli yang tidak bersahabat dengan Oscar, hampir pasti akan diingat ketika nominasi Film Terbaik dibagikan.

Ulasan Flim Dunkirk (Inggris Raya/AS/Prancis, 2017)

ukhotmovies – Jika seseorang mengambil urutan Pantai Omaha dari Saving Private Ryan , hapus gambar yang paling mengerikan dan grafis dan perluas panjangnya menjadi sekitar satu setengah jam, itu perkiraan yang masuk akal dari apa yang Dunkirk memberikan dampak dan intensitas, jika belum tentu konten. Film yang luar biasa dan luar biasa ini menghadirkan tontonan skala musim panas, meskipun tanpa pelarian yang sering didambakan penonton dari rilis blockbuster pada saat ini tahun ini.

Pertempuran Dunkirk memegang posisi unik dalam daftar konflik Perang Dunia 2 . Dengan ukuran normal apa pun, itu adalah kekalahan telak bagi Sekutu, konflik yang mengakibatkan korban massal dan kehilangan peralatan. Namun demikian, pertunangan itu sering disebut sebagai kemenangan oleh pihak yang kalah, yang menganggap evakuasi lebih dari 300.000 tentara sebagai bukti tekad Inggris.

Baca Juga : Ulasan Film ‘Hum Dil De Chuke Sanam’

Apa yang terjadi di Dunkirk begitu luar biasa sehingga Winston Churchill harus berbicara menentang gagasan perayaan, memperingatkan: “Kita harus sangat berhati-hati untuk tidak menetapkan pembebasan ini atribut kemenangan. Perang tidak dimenangkan dengan evakuasi.”

Seperti Titanic tetapi dengan sedikit melodrama dan tanpa kisah cinta, Dunkirk menggunakan kerangka peristiwa sejarah yang diteliti dengan cermat sebagai latar belakang karakter fiksi. Mempekerjakan lintas sektor yang luas, Nolan menyajikan peristiwa akhir Mei 1940 menggunakan tiga perspektif: The Mole (infanteri di pantai Dunkirk menunggu evakuasi), The Sea (penyeberangan sipil Channel), dan The Air (pilot spitfire ditugaskan dengan menghentikan Jerman dari memberondong dan membom kapal penyelamat dan tentara tak berdaya).

Pertempuran bisa sulit untuk digambarkan oleh pembuat film non-dokumenter. Dengan menawarkan persepsi karakter dalam jumlah terbatas dan memvariasikan peran dan partisipasi mereka, Nolan memungkinkan kanvas yang lebih besar muncul. Dia memberikan cukup banyak foto udara dan kilasan peta sehingga bahkan mereka yang tidak mengetahui geografi tidak akan tersesat.

Menurut Nolan, dua film yang dipelajarinya sebelum membuat Dunkirk adalah Wages of Fear dan Speed . Pengaruh mereka terlihat. Keduanya unggul dalam peningkatan ketegangan yang lambat dan Dunkirk tidak henti-hentinya dalam aspek itu.

Cara adegan diedit berkontribusi pada hal ini, dengan pemotongan Nolan, misalnya, dari momen menegangkan di pesawat ke momen yang sama menegangkannya di pantai. Dia bergerak sedikit ke belakang dan ke depan pada waktunya untuk menyatukan semuanya. Skor Hans Zimmer, yang dibangun di sekitar detak jam, mendukung ketegangan yang berkembang.

Anggota ensemble cast membebaskan diri mereka dengan mengagumkan, meskipun tidak ada pemain individu yang memonopoli waktu layar. Ini bukan film berbasis karakter atau aktor-sentris. Jumlah adegan terbesar adalah milik Fionn Whitehead yang relatif tidak dikenal, yang Tommy mewakili tentara sehari-hari yang terjebak di pantai, putus asa untuk menemukan jalan pulang. Mark Rylance, yang Mr.

Dawsonnya didorong oleh semangat patriotik, mengemudikan kapal pesiar kecilnya Moonstonemelintasi saluran. Pilot Spitfire Tom Hardy (Farrier) terlibat dalam pertempuran udara dengan pesawat Jerman untuk mengikis superioritas udara Nazi atas Prancis barat.

Penampilan pendukung yang menonjol termasuk ikon pop Harry Styles sebagai salah satu rekan Tommy, Cillian Murphy sebagai tentara yang terguncang, dan Kenneth Branagh sebagai Komandan Bolton, perwira Inggris berpangkat tertinggi di Dunkirk.

Jadi apa yang salah dengan Dunkirk ? Sangat kecil. Struktur dan ruang lingkup film tidak mengizinkan identifikasi dengan karakter apa pun. Tidak ada seorang pun di layar yang cukup lama untuk memungkinkan hal itu. Sebaliknya, kita bereaksi secara emosional terhadap saat -saat kegembiraan dan tragedi dalam skala besar.

Ada kalanya saya kesulitan memahami dialog; kebisingan sekitar dan musik menenggelamkan kata-kata. (Saya tidak dapat mengatakan apakah ini adalah pencampuran suara atau masalah dengan tempat di mana saya melihat film. Mengingat reputasi Nolan untuk perhatian terhadap detail, mungkin yang terakhir.)

Sejak Saving Private Ryan , telah terjadi pergeseran tingkat pembantaian yang disajikan dalam film-film Perang Dunia 2. Sebelum tahun 1997, film “rata-rata” relatif tidak berdarah; Spielberg mengubah itu. Salah satu alasan 30 menit pertama Private Ryan memiliki dampak seperti itu adalah karena kami tidak terbiasa dengan gambar mentah seperti itu dalam produksi Perang Dunia 2. Tren terus berlanjut; Hacksaw Ridge 2016 sama berdarah dan brutalnya dengan inspirasi.

Dunkirk , bagaimanapun, menghilangkan close-up mayat dan jeroan yang tersisa. Itu tidak berarti tidak ada adegan yang sulit untuk ditonton tetapi Nolan tidak berlama-lama di sana. Alasannya sederhana: Dunkirkadalah tentang menggunakan ketegangan untuk memperkuat narasi; fokus pada aspek film horor bisa mengalihkan perhatian. Saya tidak menemukan film itu menjadi kurang “nyata” karena batasan yang dipaksakan sendiri pada gore.

Dunkirk kurang epik dibandingkan film Interstellar atau Dark Knight  film ini lebih terfokus tanpa lemak di tulang. Pengalaman itu primal namun memuaskan secara intelektual dan emosional. Ini adalah keseluruhan paket dan memenuhi harapan mereka yang memperkirakan ini mungkin salah satu rilis terkuat tahun 2017.

Dengan setiap film baru, Nolan memperluas reputasinya sebagai pembuat film yang bersedia mengambil risiko apa pun. Dunkirk adalah kesuksesan lain dan tambahan yang disambut baik untuk apa yang telah menjadi musim yang sangat kuat untuk film-film kekuatan dan substansi.

Please follow and like us:
Pin Share